• Jln. Udayana No. 11, Singaraja-Bali
  • (+6287) 762-5617-98
NEWS Panitia IT2D
Blog Detail
IT2D News

DAC ( Animasi )

V

Lomba Animasi

Lomba Animasi merupakan kompetisi di bidang animasi dimana peserta dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam menggunakan software animasi. Lomba Animasi ini diperuntukan bagi siswa-siswi SMA/SMK/sederajat se-Bali yang masih aktif, di mana setiap sekolah diperbolehkan mengirim maksimal 2 tim yang diunggulkan di mana 1 tim terdiri dari 2 orang.

Ketentuan dan Mekanisme Lomba

Lomba ini dilaksanakan dalam 2 babak yaitu :

  1. Babak Penyisihan (seleksi statik)
    1. Setiap peserta membuat animasi dengan tema “Pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan literasi” dengan menggunakan software flash.
    2. Hasil karya berupa thriller dan storyboard (jalan cerita lengkap) dikirim langsung dalam bentuk CD/DVD dengan format : *.fla / *. avi / *.mpeg dengan durasi thriller maksimal 3 menit ke stand pendaftaran IT2D atau bisa dikirim via email ke:

Email: pendaftaranit2d@gmail.com 

Subjek: “Lomba Animasi DAC – IT2D 2018”

Karya dikirim dalam bentuk *.rar dan paling lambat diterima panitia  pada tanggal ---------------------.

  1. Panitia akan memilih 5 animasi terbaik untuk masuk babak final. Pengumuman 5 besar dapat dilihat langsung di web pada tanggal -------------------
  2. Setiap peserta dapat melakukan pembayaran di stand pendaftaran IT2D atau via rekening --------------- a.n --------------------
  1. Babak Final : Praktikum (seleksi dinamik)
    1. Babak Final berupa praktikum akan dilaksanakan pada ------------------ bertempat di Laboratory of Cultural Informatics (LCI) PTI.
    2. Ketentuan selanjutnya akan disampaikan pada saat pengumuman peserta yang masuk final.

No

Kriteria Penilaian

Range Nilai

Nilai

1

Aspek Animasi

 

 

 

Timing (Waktu) 

Aspek kesesuaian karakter, seperti gerakan karakter dengan objek lain apakah sesuai atau tidak,atau efek suara yang terjadi sesuai dengan gerakan yang sedang terjadi

0 - 10

 

Ease In dan Ease Out (Percepatan dan Perlambatan)

Aspek gerakan semakin cepat atau melambat

0 - 10

 

Secondary Action (Gerakan Pelengkap)

Aspek animasi pendukung, dari cerita sebenarnya

0 - 10

 

Exaggeration (Melebih-lebihkan)

Aspek mendramatisir keadaan,bisa berupa musik, latar belakang atau gambar. Contoh Orang digambarkan dengan mata besar yang menunjukkan keterkejutan.

0 - 10

 

Anticipation ( Gerakan Pendahulu )

Gerakan ini bertujuan untuk menjelaskan gerakan utama. Misalkan gerakan utama adalah orang terpeleset dan jatuh ke kolam renang. Sebelum itu, ada elemen-elemen yang ditunjukkan sebelum itu seperti ada kulit pisang di lantai, kemudian ada gerakan air di kolam renang, orang berjalan dengan mimik cuek.

0 - 10

 

 

Staging (Bidang Gambar)

Aspek sudut pengambilan gambar seperti memperbesar muka tokoh untuk memperlihatkan kesedihannya, mengambil dari jarak jauh untuk memperlihatkan kemewahan suatu rumah, mengambil dari atas untuk memberi kesan ada seseorang yang mengintip, dan sebagainya.

0 - 10

 

 

Appeal (Daya Tarik Karakter)

Aspek daya tarik karakter, yang bisa mempengaruhi emosi penonton.

0 - 10

 

2

Desain karakter & background

0 – 20

 

 

Waktu dan tempat pelaksanaan babak final

Hari, tanggal       :

Tempat                : Laboratory of Cultural Informatics (LCI) PTI

Waktu                   : 08.00 WITA – selesai

Biaya Pendafatran

Rp. 100.000,00/tim

Hadiah

Juara 1, 2, 3 akan mendapatkan piala, piagam, uang pembinaan dan merchandise IT2D.

Contact person

Kadek Yogi Satya Mahayana : 087762757454

Panitia IT2D

Pendidikan Teknik Informatika, UNDIKSHA

Berita ini diterbitkan langsung oleh bagian Publikasi Panitia IT2D.

Copyright © 2017 - Pendidikan Jurusan Teknik Informatika All Rights Reserved

Choose Your Color