Kenal Dekat Jurusan Pendidikan Teknik Informatika

Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan zaman, menyongsong milenium ke tiga, sebuah era baru dengan tantangan yang lebih berat dan kompleks,Jurusan Pendidikan Teknik Informatika hadir sebagai jawaban atas komitmen Universitas Pendidikan Ganesha untuk turut serta memajukan dan mengembangkan pendidikan teknologi informatika dan komputer di Indonesia pada umumnya, dan Bali pada khususnya.

Mulai tahun 1998, Depdiknas telah mengeluarkan kebijakan, dimana Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) telah diberikan kewenangan untuk melaksanakan program non kependidikan yang dituangkan dalam kebijaksanaan perluasan mandat. Dengan Surat Keputusan Direktur  Jenderal S1 Pendidikan Tinggi  Nomor  :  2090/D/T/2007, Universitas Pendidikan Ganesha membuka Program S1 Pendidikan Teknologi dan Informatika.

Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer Tahun Akademik 2007/2008 merupakan penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama. Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer berada di bawah naungan Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Bali. Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer secara resmi dibuka pada tahun 2007, dengan hari jadi jurusan diperingati setiap tanggal 9 September. Program Alih Kredit untuk lulusan D3 Manajemen Informatika, melanjutkan ke S1, dibuka setahun kemudian.

Berdasarkan SK DIKTI No. 163/DIKTI/Kep/2007, dan SK Rektor Undiksha No. 257/H48/PP/2009, Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer resmi berganti nama menjadi Jurusan Pendidikan Teknik Informatika.

Visi, Misi, & Tujuan

A. Visi Jurusan :

Menjadi jurusan pendidikan yang fokus dalam pengembangan IPTEK yang mampu menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan tenaga profesional  bidang teknologi informasi dan komunikasi yang kompeten, inovatif, berbudaya, dan berdaya saing tinggi.

B. Misi Jurusan :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu pendidikan informatika.
  2. Mendidik calon tenaga pendidik dan tenaga profesional bidang informatika yang kompeten, inovatif, berbudaya, dan bersaing tinggi.
  3. Menyelenggarakan penelitian inovatif pengembangan IPTEK dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu pendidikan dan informatika yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

C. Tujuan :

Menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga profesional yang kompeten di bidang informatika, menguasai IPTEK, adaptif  dengan perkembangan jaman, serta mampu bekerjasama dengan etos kerja yang baik.

 

Kompetensi Umum Jurusan

 

NO

 

KOMPETENSI  LULUSAN

ELEMEN KOMPETENSI
A B C D E
1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2 Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
3 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
4 Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
6 Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas