Singaraja, 13 Agustus 2024 – Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengadakan workshop reupdate perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian berbasis Project-Based Learning (PjBL), Problem-Based Learning (PbL), dan Case-Based Learning (CBL). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Sunari, Singaraja, dan dihadiri oleh seluruh staf dosen program studi.
Workshop ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I Undiksha, Bapak Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.T.I, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembaharuan perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang sesuai dengan perkembangan metode pembelajaran terkini. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” ujarnya.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber ahli, yaitu Prof.Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd, yang dikenal memiliki keahlian dalam pengembangan perangkat pembelajaran, dan Prof.Dr. Ir. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN.Eng.,APEC.Eng., seorang pakar dalam instrumen penilaian. Kedua narasumber ini memberikan materi mendalam dan praktis mengenai cara mengintegrasikan metode PjBL, PbL, dan CBL ke dalam perangkat pembelajaran serta bagaimana menyusun instrumen penilaian yang efektif dan sesuai dengan metode tersebut.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Dr. phil. Dessy Seri Wahyuni, S.Kom., M.Eng., menyampaikan laporan bahwa workshop ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada seluruh staf dosen tentang penyusunan perangkat pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan saat ini. “Kami berharap dengan adanya workshop ini, para dosen dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan,” ungkapnya.
Selama workshop, peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga melakukan praktik langsung dalam menyusun dan mengupdate perangkat pembelajaran serta instrumen penilaian mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Undiksha, dengan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan industri.
Acara ini berlangsung selama satu hari dan diakhiri dengan working session, yang memungkinkan para dosen untuk berkonsultasi langsung dengan para narasumber mengenai tantangan yang dihadapi dalam implementasi metode PjBL, PbL, dan CBL.
Dengan adanya workshop ini, diharapkan para dosen dapat lebih siap dan terampil dalam mengadaptasi metode pembelajaran yang inovatif, serta mampu menyusun instrumen penilaian yang lebih akurat dan komprehensif untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa.