Singaraja, 6 Oktober 2024 – Dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, khususnya dosen dan laboran, Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyelenggarakan pelatihan intensif yang melibatkan dosen dan laboran dari Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar serta keterampilan dalam penggunaan perangkat Virtual Reality (VR) Oculus Quest 2 dan Electroencephalogram (EEG) untuk mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian.
Pelatihan berlangsung selama enam hari, dimulai pada tanggal 30 September hingga 6 Oktober, bertempat di Laboratorium Dasar UPA TIK Undiksha. Kegiatan ini sepenuhnya dikoordinir oleh Bapak Agus Aan Jiwa Permana, S.Kom., M.Cs, selaku Ketua Laboratorium FTK.
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) turut berpartisipasi dalam pelatihan ini dengan melibatkan dosen-dosen yang memiliki keahlian dalam bidang kajian multimedia. Instruktur pelatihan berasal dari Prodi PTI, yaitu Bapak I Gede Partha Sindu, S.Pd., M.Pd, dan Bapak Dr. I Made Agus Wirawan, S.Kom., M.Cs. Pada sesi pertama, para instruktur memberikan pengetahuan dasar mengenai fitur-fitur serta elemen-elemen pada perangkat VR dan EEG. Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai cara penggunaan dan perawatan perangkat tersebut.
Para peserta pelatihan juga diberi kesempatan untuk mencoba perangkat secara langsung, dengan bimbingan dan pengawasan dari instruktur. Hal ini bertujuan agar peserta mendapatkan pengalaman praktis dalam penggunaan perangkat, yang nantinya dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dan penelitian.
Pelatihan ini juga merupakan bagian dari upaya Undiksha dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) khususnya tujuan ke-4, yaitu “Pendidikan Berkualitas”. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir seperti VR dan EEG, diharapkan proses pembelajaran dan penelitian dapat ditingkatkan, sehingga mendukung tercapainya pendidikan yang inklusif dan merata bagi semua.
Melalui pelatihan ini, diharapkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam mengoptimalkan penggunaan perangkat VR dan EEG akan meningkat, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di Undiksha serta berkontribusi pada pencapaian SDGs. (an)